Tepatnya beberapa bulan yang lalu pernah mengikuti seleksi tes kerja di Alfamidi. Sebelum masuk ke pembahasan kita meski tahu dahulu tentang Alfamidi itu sendiri. Ternyata Alfamidi itu berbeda dengan Alfamart, memang mereka satu perusahaan tapi beda managementnya. Jadi jangan berharap melamar di Alfamidi terus bisa di tempatkan di Alfamart ya.

Sebelum melamar ke Alfamidi saya mencari informasi dulu tentang tes nya nanti di mbah google. Saat saya searching tidak banyak yang menjelaskan secara detail tentang tesnya. Nah makanya itu saya akan memberikan langkah-langkah tes kerja di Alfamidi secara lengkap. Jadi mohon di simak baik-baik.

Oya kalian jika ingin melamar bisa via online seperti di jobfair atau langsung tanya aja ke petugas alfamidinya. Kalau saya melamar via jobfair karena kebeneran ada email masuk dari jobfair tentang lowongan di Alfamidi.

Nah sekarang kita masuk ke intinya, dulu itu saya disuruh datang jam 10an kalau ga salah, itu pun lewat sms karena saya online. Tidak tahu juga kalau  melamar lewat lain. Saya tinggal di tangerang sedangkan tes nya di jakarta. Kira-kira saya membutuhkan waktu sekitar 2 -3 jam.

Karena saya bertepat di kabupaten tangerangnya. Kata orang sih pelosok di mana saya tinggal. Karena waktu itu kan hari kerja jadi lalu lintas padat merayap. Tau sendiri lah jakarta seperti apa. Sebenernya saya malas juga kalau ke jakarta.

Oya usahakan datang lebih awal, dikarenakan kalau sampe telat langsung di suruh pulang dan tidak bisa mengikuti tes alias gugur. Sesampainya disana saya kira cuma 100 orang yang hadir. Ternyata diluar ekspektasi saya, yang datang hampir 300 orang. Mantep ga tuh...  saya saranin bawa temen karena kalau sendiri udah kaya anak ilang.haha

Disana nantinya di suruh isi absen dahulu. Yang nantinya no absen itu sebagai id kamu. Jadi harus di ingat no.absen kamu ya. Biar ga bingung nantinya. Ok sekarang saya urut langkah-langkah tahapan tes kerjanya.


1. Penyerahan CV (Curiculum Vitae) dan Berkas


Nantinya akan ada petugas yang memberikan intruksi untuk para peserta tes kerja harap mengumpulkan cv dan berkasnya masing-masing ke petugas. Yang di kumpulkan waktu itu saya CV, Fhoto 3x4=2 lembar, FC KTP, FC ijazah dan FC SKCK.


2. Isi Formulir


Kemudian petugas memberikan formulir untuk kita isi. Ya isinya seperti biasa seperti nama, umur, pendidikan terakhir, jurusan sekolah, dan pengalaman kerja (kalau belum pernah kerja jangan diisi) terus setelah formulir diisi petugas kemudian memberikan arahan agar di pojok kanan atas formulir diisi no.absen yang sudah di berikan tadi pas absen.

Kemudian di kumpulkan, petugas memberikan arahan untuk nomor absen di ingat. Agar saat memanggilnya tidak bingung. Karena kalau nama di khawatirkan akan ada yang sama.
Selanjutnya peserta di berikan aba-aba untuk memasuki ruangan yang sudah di persiapkan. Tapi sebelum memasuki ruangan.

Petugas memberikan info tentang lowongan bagian apa saja yang di butuhkan antara lain pramuniaga, kasir,store setup,dan staf. Kebetulan saya melamar sebagai staf. Dan itu peminatnya sedikit ketimbang pramuniaga. Terus petugas memberikan arahan kalau setiap ruangan tes berbeda-beda tergantung yang di lamar bagian apa. Setelah itu tes tahap pertama di mulai yaitu.


3. Tes Psikotes


Dalam tes ini ada 60 -70 soal. Soalnya meliputi pernyataan antara A dan B. Jadi kalian tinggal memilih antara jawaban A atau B. Untuk memilihnya kalian bebas mau jawab apa.
Karena menurut saya ini soal menuju karakter dan perilaku kita. Namanya juga soal psikotes ya tentunya ingin mengetahui sifat kita lewat soal.

Setelah selesai mengerjakan soal tes psikotes peserta diberi arahan untuk mengumpulkan sesuai nomor absen. Makanya untuk kalian jangan lupa sama nomor absen kalian ya. Selanjutnya tes yang kedua.


4. Tes Fisik


Setelah tes psikotes, peserta lalu mengikuti tes fisik. Karena sambil menunggu tim seleksi mengkoreksi hasil jawaban setiap peserta yang tadi di kerjakan. Semuanya disuruh buka baju untuk laki-laki. Kalau perempuan beda ruangan.

Cuma buka baju aja dan celana agak di naikin keatas. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ada tatto atau tidak. Karena jika ada tatto langsung disuruh pulang. Jadi untuk kalian yang punya tatto. Mending jangan melamar ke Alfamidi ya.

Nah kemudian setelah tes fisik lalu peserta masuk ruangan tes sebelumnya. Dan mengerjakan tes selanjutnya, tapi sebelum nya ada pengumuman tes psikotes tadi. Jadi pengumungannya hanya menyebutkan nomor absen saja. Kalau nomor absen kalian tidak disebutkan. Berarrti anda tidak lolos tes psikotes.

Bersyukur nomor absen saya ada. Jadi untuk yang lolos tetap diruangan dan yang tidak terpanggil absennya disuruh pulang. Selanjutnya yang lolos akan mengikuti tes yang ketiga.


5. Tes Kraepelin atau Tes Koran


Dan ternyata sekarang tesnya di gabung dengan yang melamar bagian lainnya. Jadi antara cewek dan cowok di jadikan satu. Mantep ga tuh.. tambah pusing aja lihat soal dan ceweknya yang disitu karena buat ga konsen aja.hehe

Tesnya ternyata angka semua di bikin baris vertikal dari atas ke bawah kurang lebih se kertas HVS atau kertas fhoto copian dan itu lebih dari 15 baris. Kebayangkan angkanya banyak banget pastinya. Ngejawabnya sangat gampang Cuma tambah-tambahan aja ko. Tapi di sisi lain walau Cuma tambah-tambahan kalau kalian mengisinya tidak fokus. Kepala kalian akan terasa pusing.

Nih saya punya tips cara mengisinya agar kalian tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakannya. Sebelum itu saya mau cerita pengalaman saya mengerjakan tes ini.Awalnya saya menganggap emang mudah. Tapi karena mata saya ga fokus terhadap ke angka yang di kerjakan saja.

Penglihatan saya agak terganggu semua angka terlihat berputar semua. Saat itu juga saya punya inisiatif sendiri. Entah itu apa yang saya lakukan benar atau tidak. Saya langsung memejamkan mata sekitar 3 detik. Lalu membuka mata kembali, dan alhamdulillah semua seperti semula.

Jadi intinya kalau kalian mengalami seperti saya, yang terpenting jangan panik cukup pejamkan mata beberapa detik. Tapi jangan lama-lama ya. Karena waktu yang di berikan sangat singkat sekali.
Dan selanjutnya saya kasih bocoran mengenai tes karaepelin ini. Setiap pengisian angka setiap barisnya di kasih waktu sekitar 10 detik, ketika ada aba- aba untuk pindah barisan kalian isi kembali dari bawah ke atas. Ingat ya isinya dari bawah ke atas, bukan dari atas ke bawah.

Saya kasih contohnya mengenai mengisi jawabannya. Jadi kalau angka 9 ketemu angka 5. Anda menjawabnya 4. Jadi kalau hasil tambahannya jumlahnya lebih dari satu angka. Yang depannya di hilangkan. Jadi 9+5= 4 dan angka 1 di depan 4 di hilangkan.
Sampai sini sudah mengerti kan.

Dan masalah jawabannya kan setiap10 detik disuruh pindah barisan. Kalian usahakan menjawabnya dari baris ke baris meningkat ya buat pola graviknya menanjak. 

Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.




Mungkin kalian ada yang bertanya mengapa pola graviknya harus naik. Sebenarnya pola naik turun juga tidak masalah. Yang terpenting pola graviknya tidak menurun. Karena kalau pola graviknya menurun, itu menggambarkan diri anda kuranng semangat dalam bekerja dan mudah menyerah.
Sudah mengerti kan sekarang cara mengisi tes kraepelin atau tes koran. Kalau kalian belum puas mengenai tes kraepelin bisa cek di google.

Mudah-mudahan di tes ini kalian semua lolos. Selanjutnya sehabis mengerjakan  tes kraepelin. Peserta di beri waktu untuk beristirahat sekitar 15 – 20 menit. Sampai menunggu tim seleksi mengoreksi jawaban kalian.

Gunakanlah waktu istirahat kalian dengan makan atau minum secukupnya. Jangan sampe anda tidak makan dan minum. Karena terlalu memikirkan tes tersebut. 
Waktu sudah menunjukan jam 1 siang.

Pengumuman tes kraepelin sudah di umumkan. Seperti biasa pengumuman di lakukan hanya menyebutkan nomor absen kalian. Dan ternyata banyak yang tidak lolos juga. Tetapi saya lolos dan bisa mengikuti tes selanjutnya. Yang tidak lolos sepertiganya dari total keseluruhan yang ikut tes kraepelin. Ya kira-kira kesisa cum 30 orang.

Kemudian yang lolos seleksi tes kraepeli atau tes koran akan menjalani tes yang terkhir yaitu tes Interview atau tes wawancara kerja. Adapun mengenai tes inteview  dan jawabannya anda bisa lihat disini.

Demikian langkah- langkah tes di Alfamidi terbaru ini yang bisa saya sampaikan. Adapun jika ada yang kurang paham bisa komentar di bawah. Semoga bermanfaat  dan semoga sukses untuk kalian semua.


Related Posts

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

8 komentar untuk Langkah-langkah Tes Kerja Almidi Terbaru

no avatar avatar
Finaira
# 19 Januari 2019 05.25

Uwow, sudah puyeng tengok angka sekian banyak pas cobain, karena penasaran sama sistem dan cara ngerjain, tes kraepelin itu.

Balas Hapus
no avatar avatar
Ryannaldo Noorhidayat
# 19 Januari 2019 05.44

test krapelin selalu membuat jantung berdebar dan pala pusing karena banyak lihat angka2.

BTW, apakah lowker Alfamidi selalu buka, atau hanya waktu2 tertentu?

Balas Hapus
no avatar avatar
Admin
# 19 Januari 2019 14.45
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
no avatar avatar
Fiqhi ID
# 19 Januari 2019 14.47

Kirain kalo daftar di alfamidi bisa jadi ditempatkan di alfamart 😂 thx infonya min
Btw ternyata gampang banget alur pendaftarannya, Cuma yang jadi masalah di psikotesnya hehe

Balas Hapus
no avatar avatar
Mas Donny
# 19 Januari 2019 19.44

Untung tes fisik masuk alfamidi enggak kaya tes fisik masuk polisi😂

Balas Hapus
no avatar avatar
Azrael Communities
# 19 Januari 2019 22.04

Tes krapelin seperti variabel bilangan prima. Namun,swaktu saya ngelamar 2 tahun yg lalu,tes ini belum ada.

Balas Hapus
no avatar avatar
Afif Sarifudin
# 23 Januari 2019 05.10

Thanks infonya mas. Sangat membantu, jadi saya gak kebingungan nantinya saat mau mencoba melamar di alfamidi.

Balas Hapus
no avatar avatar
UciDzgn
# 18 Februari 2019 15.09

Wah udah paham Saya sekarang gan trimakasih Jadi Makin Tau saya

Balas Hapus