Dalam dunia kerja pasti anda sering kali melihat banyak para calon pegawai yang mengeluhkan akan tes yang akan dijalani.

Tidak Banyak pelamar yang stres duluan memikirkan tes apa yang akan dilewati.

Padahal intinya setiap tes memerlukan ketenangan dalam pengerjaannya.
Seperti tes psikotes dan juga tes interview atau wawancara kerja.

Mungkin anda termasuk kriteria diatas?
Kalau iya,  tenang jangan risau,  disini dan di artikel ini, anda akan mendapat sedikit bocoran tentang tes interview kerja.

Kenapa artikel ini membahas interview kerja? Kenapa tidak tes psikotes terlebih dahulu?

Karena tes wawancara atau interview kerja lebih menarik di bahas daripada tes psikotes kerja. Mau tau kenapa?

Karena yang kita tau tes wawancara kerja dilakukan setelah tes psikotes biasanya,  tau kan sakitnya dimana? Lebih sakit mana udah lolos di awal trus gagal? Apa gagal di awalnya?

Lebih sakit yang gagal di akhir kan.
Tes wawancara kelihatannya aja mudah,  karena cuma ngobrol dengan HRD terus selesai.

Tapi pada kenyataannya tidak semudah itu ferguso. Hehe
Banyak pertanyaan-pertanyaan jebakan yang akan dilontarkan terhadap calon pegawai.

Ketika di dalam ruang tes wawancara kerja. Anda merasa sudah menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.

Tapi hasilnya anda malah gagal dalam tes tersebut.  Pasti anda bingung, apa yang salah dengan diri anda.

Mungkin bagi anda sudah benar tapi beda cerita dengan si pewancara. Mereka punya penilaiannya tersendiri dalam menyikapi jawaban anda.

Tanpa panjang lebar, Yuk simak 5 pertanyaan jebakan di bawah ini:

1. Anda tau lowongan ini dari siapa?




Banyak pelamar terkecoh dengan pertanyaan ini. Mungkin Sebagian orang akan akan menjawab tau dari teman atau tau dari orang pegawai sini. kalian tau apa yang nanti akan ditanyakan kembali jika anda menjawab  seperti itu.

HRD akan bertanya teman kamu namanya sapa?, bagian apa? dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

jawaban yang benar ialah saya tau sendiri pak, kebenaran saat saya mencari lowongan saya melihat ada lowongan di tempel di depan gerbang atau melihat dari situs resmi perusahaan ini.

Itu menandakan anda orang yang gigih dan mandiri dalam mencari suatu pekerjaan.


2. Sebelum melamar kesini, Anda bekerja dimana? 




Pertanyaan seperti ini yang buat si pelamar kebingungan, Mau tau karena apa? karena bingung harus jujur atau tidak. Rata-rata pelamar melamar tapi masih berstatus pegawai perusahaan lain.

Ini jawaban yang harus anda lakukan: saya bekerja di PT.ANU sebagai operator, dan saya melamar kesini berharap mendapat kerjaan yang lebih baik dari sebelumnya. Agar bisa membahagiakan orang tua. Dan juga mendapat pengalaman baru.


3. Mengapa anda tertarik melamar ke perusahaan ini?


Jadilah manusia yang memiliki nilai lebih dimata mereka. Maksudnya jika kalian ditanya pertanyaan diatas. Anda pelajari dahulu latar belakang perusahaan yang ada lamar, baik dari perusahaannya dan para karyawannya, gajinya juga jangan lupa di telusuri, jangan sampai anda melamar ketempat yang gajinya di bawah harapan anda.

Dan jawaban yang tepat untuk soal diatas ialah saya ingin ikut berkontribusi dalam memajukan perusahaan ini, karena yang saya lihat perusahaan ini kedepannya akan berkembang.


4. Coba anda jelaskan kelebihan dan kekurangan anda?




Bicara tentang kelebihan dan kekurangan diri sendiri itu, menjadi hal yang sangat sulit ketimbang menilai orang lain. Karena terlalu bicara kelebihan takut dikira sombong, dan kalau terlalu bicara tentang kekurangan takut dikira merendah. Terus apa yang harus di lakukan untuk menjawab kedua hal tersebut.

Yuk simak jawabannya, kelebihan saya ialah bisa cepat beradaptasi dalam hal bekerja dan membaur dengan rekan kerja, dan kalau kekurangan saya, saya terkadang suka lupa.

Tetapi saya membawa catetan kecil untuk mencatat hal apa saja, agar tidak lupa nantinya.


5. Jika anda diterima disini, Apakah anda siap ditempatkan diluar kota?




Pertanyaan ini yang terkadang membuat kita menjadi down sehingga berkeinginan untuk mundur dan menolak, Tapi tenang ini biasanya cuma pertanyaan fiktif, ini dimaksudkan seberapa seriuskah anda ingin bekerja disini.

Dan anda cukup menjawab siap pak,saya bersedia bekerja dimanapun selama itu untuk perusahaan. itu menandakan anda pantang menyerah dan giat.

Demikian tips menjawab 5 pertanyaan jebakan saat tes interview. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi bahan yang anda butuhkan. Dan mungkin masih banyak lagi pertanyaan jebakan tergantung dari perusahaan itu sendiri.

Baca juga: 4 Kata Ajaib Agar Bisa Diterima Saat Tes Wawancara Kerja

Related Posts

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk 5 Pertanyaan Jebakan Saat Tes Interview