Banyak sebagian para pelamar menganggap bahasa tubuh tidak di pedulikan saat tes wawancara.

Padahal para interviewer menilai sosok anda dari bahasa tubuh baik ketika anda sedang menunggu tes maupun sedang dalam tes wawancara.

Nah bagaimana solusinya agar bahasa tubuh kita aman dan bisa lolos dari pengamatan para interviewer,yuk simak tips di bawah ini:

1. Bersikaplah Ramah Pada Semua Orang



Kalian para pelamar jangan ramah ketika saat tes saja. Coba kalian bersikap ramah setiap waktu. Itu di karenakan kalian nantinya akan bekerja dengan orang orang baru.

Kalau kalian sulit untuk bersikap ramah pada semua orang. Itu bisa mengganggu kinerja kalian. Coba bayangkan saat kerja hanya memasang muka yang tidak enak dilihat.

Dijamin kalian bukannya mempunyai banyak teman tapi malah sebaliknya.


2. Saat Duduk Jangan Menyilangkan Tangan Di Atas Meja





Mau Tau kenapa ! kalau kalian melakukan hal seperti itu, itu menggambarkan kalian orang yang tertutup dan tak mau terbuka.

Coba kalian lakukan ini, Saat duduk tangan santai aja, saat berbicara tangan kalian gerakan seolah olah kalian mempunyai skill tinggi dan pengalaman luas.

Karena dimata interviewer berbicara sambil tangan di gerakan menandakan wawasan anda luas. Coba kalian perhatikan orang orang penting, Kebanyakan mereka saat berbicara tangan mereka tidak mau diam.


3. Berjabat Tangan 




Yang perlu diingat, awali dengan mengucap salam dan tak lupa berjabat tangan. karena itu menandakan anda orang yang mempunyai sopan santun dan berdedikasi tinggi terhadap rekan anda.

Jabat lah tangan nya dengan penuh keramahan dan jangan lupa sambil tersenyum seolah anda senang, Jangan terlalu kuat ya...

Bisa jadi anda terlihat gugup kalau seperti itu. Perlihatkan kalau anda prefesional dimata interviewer.

Baca juga >> 7 pertanyaan bocoran interview kerja di bank

4. Mengangguk Saat Menyimak Percakapan




Maksudnya ialah kalian coba mengangguk saat pewawancara berbicara agar seolah olah kalian mengerti dan jangan kalian memasang muka datar saat ada percakapan yang di lontarkan pewawancara. Itu menandakan anda tidak mengerti apa yang di bicarakan pewawancara.


5. Menjaga Kontak Mata





Saat berbicara dengan pewawancara usahakan anda melihat matanya dengan penuh meyakinkan. Bukan melotot juga ya.. atau dengan tatapan tajam.

Karena kalau tidak begitu kalian dianggap tidak menanggapi apa yang di bicarakan dengan serius. Boleh lah kalian melihat lihat sekitar tapi jangan keseringan begitu saat dalam ruangan. Ingat yang kalian fokuskan adalah si pewawancara atau interviewer.

Sekian tips yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang akan menjalani tes interview atau wawancara.

semoga sukses...

Related Posts

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

8 komentar untuk 5 Kriteria Bahasa Tubuh Saat Tes Interview (wawancara) Kerja

no avatar avatar
Sulis Stya
# 10 Januari 2019 00.36

Pernah di wawancara sama kaka cantik pas seleksi pelatihan kerja dan ga berani tatap matanya.btw saya cowo. kalou terulang di situasi itu kira2 gimana solusinya ya gan

Balas Hapus
no avatar avatar
danny yuniar
# 10 Januari 2019 02.06

Tips bermanfaat buat para pencari loker ni

Balas Hapus
no avatar avatar
Ahmad Nur Fais
# 10 Januari 2019 02.30

Mantul dah, bisa nambah wawasan nih kalau umpamanya nanti mau mendaftar kerjaπŸ‘πŸ‘πŸ‘

Balas Hapus
no avatar avatar
Fiqhi ID
# 10 Januari 2019 02.46

Kalo buat sidang skripsi bisa gak gan ? Wkwkw

Balas Hapus
no avatar avatar
Ryannaldo Noorhidayat
# 10 Januari 2019 03.02

Menjaga kontak mata yg di saya masih jadi kendala, semoga pelan2 bisa diperbaiki...

Balas Hapus
no avatar avatar
Mas Donny
# 10 Januari 2019 05.54

Klo gw pribadi cukup susah ngelakuin point no 5 tuh, kadang kalo berbicara sama orang yang baru kenal. Aga grogi klo jaga kontak mata/saling bertatap mata

Balas Hapus
no avatar avatar
Hayan Kabisat
# 10 Januari 2019 08.07

referensi banget nih, bisa dijadikan ilmu buat modal nyari kerja

Balas Hapus
no avatar avatar
Azrael Communities
# 10 Januari 2019 18.04

Bahasa tubuh juga diperhitungkan y pd saat interview?
Saya baru tau setelah membaca artikel ini..
Saya kora hanya verbal saja yg dinilai

Balas Hapus