5 Faktor Penyebab Kegagalan Saat Tes Interview (Wawancara)

Banyak para pelamar menyesali kalau gagal di tes wawancara atau interview, karena biasanya tes wawancara di lakukan setelah tes psikotes atau mungkin tes yang lainnya. Padahal sudah susah payah berjuang melewati tes sebelumnya, Tetapi harus terhenti karena gagal di tes interview atau wawancara. Banyak faktor yang bisa menyebabkan gagal dites tersebut. Disini penulis merangkumnya jadi 5 faktor penyebab kegagalan saat tes interview. Yuk langsung aja simak dibawah ini:

1. Faktor Kurang Sehat



Mengapa penulis membahas soal kesehatan. Karena kesehatan adalah segalanya dan paling utama buat suatu perusahaan dalam merekrut karyawannya. Sebagai contoh ketika akan tes wawancara kerja, saat bangun tidur badan demam dan ga karuan deh pokoknya, rasanya pengen tidur aja bawaannya.

Tapi di satu sisi harus tes wawancara kerja.dan saya memutuskan untuk berangkat meskipun keadaan tidak memungkinkan. Tibalah giliran saya masuk ruangan dan tes wawancara kerja. Disitu saya jadi ga fokus untuk menjawab pertanyaan yang diajukan Hrd kepada saya karena kondisi tidak enak sama sekali. Alhasil saya gagal alias tidak diterima kerja. Intinya ialah jaga kondisi badan ketika akan menjalani tes kerja apapun itu.


2. Pakaian Yang Dipakai




Pelamar biasanya tidak terlalu memperdulikan penampilan saat akan menjalani tes kerja. Padahal itu sangat penting karena manusia melihat awalnya dari luarnya, termasuk mencari pasangan, hehehe... penampilan mencerminkan diri anda kesehariannya.

Coba lihat orang yang malas, penampilannya pasti ga banget.beda dengan orang yang resik atau bersih, cara kerjanya pun berbeda dengan orang yang malas dan jorok. Jadi sebaiknya ketika akan tes wawancara kerja. Sebaiknya memakai pakaian yang sebersih dan serapih mungkin agar terlihat profesional dimata HRD. Oya jangn lupa rambut di rapikan  dan disisir atau bisa juga pakai minyak rambut supaya tambah joss saat dilihat HRD.


3. Waktu



Usahakan waktu datang setengah jam lebih awal. Karena terkadang ada tim khusus yang mencatat kedatangan para pelamar secara sembunyi sembunyi. Faktor tersebut menjadi perhitungan khusus untuk si pelamar.Apakah calon atau kandidat pegawai disiplin atau tidak untuk masalah waktu.

Baca juga >> Tes interview untuk lulusan sma dan smk

4. Cara Bicara




Ini faktor paling penting. Karena coba anda perhatikan cara orang bicara yang berpendidikan dengan orang yang tidak. Bicara dengan orang pemarah dan orang yang sabar. Bicara dengan orang yang lemah lembut dengan orang yang kasar.

Sama halnya dengan berbicara dengan HRD ketika di tanyai suatu hal. Intonasi (cara bicara) kita harus pas, kapan harus bicara lembut dan bicara tegas untuk menyakinkan, Dan coba lah berbicara sesekali memberikan senyuman untuk memberikan kesan bahwa anda ramah dalam berbicara.


5. Berkas


Faktor inilah yang terkadang disepelekan masalah berkas. Pelamar kadang berpikir ngapain bawa berkas,kan itu udah kita kumpulin. Maksudnya ialah kadang HRD menanyakan soal berkas asli si pelamar. Di khawatirkan berkas yang di serahkan palsu. Karena banyak kasus seperti itu. Jadi jangan lupa bawa berkas asli anda ketika tes nanti. Karena itu salah satu penilaian juga.

1 Komentar untuk "5 Faktor Penyebab Kegagalan Saat Tes Interview (Wawancara)"

  1. Mantap gan. Nice beginning. Kalau bisa, gmbrnya ambil dr lingkungan agan.. Biar lebih afdal.

    Kunjung balik ya
    https://mathcyber1997.com/kumpulan-soal-uji-coba-un-uas-matematika-tingkat-sd-sederajat/

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel